Sabtu, 19 Desember 2015

FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA (GITA)

0



 
FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA
Yang Diajukan untuk menulis salah satu tugas
mata kuliah : Bahasa Indonesia




Disusun Oleh :
Gita Rani Wulandari ( 1584202022 )


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
2015/2016
KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah mata kuliah “Bahasa Indonesia”.
Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia. Yang membahas tentang “Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia”, kedudukan dan fungsi ini dilihat dari dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia. Semoga makalah ini akan menjadi pembangkit minat pembaca mengenai fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia sendiri.
Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dosen pembimbing mata kuliah Bahasa Indonesia dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.
Penulis banyak mengharapkan bahwa makalah ini dapat berguna bagi seluruh pembaca dan semakin menyadarkan para pembaca untuk lebih peduli terhadap fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia itu sendiri.
Akhirnya penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.


Hormat saya,

PENULIS

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Ada yang beranggapan bahwa penguasaan bahasa khususnya bahasa pertama tidak memerlukan usaha sama sekali. Bahasa yang dikuasai seseorang adalah wajar, bukan prestasi yang luar biasa. Akibat anggapan yang keliru tersebut menyebabkan bahasa dianggap hal yang biasa sehingga tidak perlu mendapat perhatian. Padahal, bahasa merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan kita.
Bahasa merupakan bagian dari kehidupan masyarakat penuturnya. Bagi masyarakat Indonesia, bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi di dalam kehidupan masyarakat baik secara lisan maupun tulisan. Dan ihwalnya kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia inilah pokok pembicaraan kita pada bab ini.
Kedudukan dan fungsi yang dipakai oleh pemakainya, dan perlu dirumuskan secara eksplisit sebabnya kejelasan label diberikan akan mempengaruhi masa depan bahasa yang bersangkutan. Dan pemakaiannya akan sesuai dengan label yang dikenakan olehnya. Mereka akan memilah-milahkan sikap dan pemakaiannya, mereka tidak akan memakai bahasa secara sembarangan. Mereka biasa mengetahui kapan, dan dalam situasi apa bahasa yang satu dipakainnya, dan kapan dalam situasi bahasa yang lainnya dipakai. Dengan demikian perkembangan bahasa akan menjadi terarah, memakainya harus berusaha mempertahankan kedudukan dan fungsi bahasa yang telah disepakati dengan antara lain, menyeleksi unsur bahasanya yang masuk kedalamnya. Unsur itu dianggap menguntungkan akan diterima, sedangakan unsur yang merugikan akan ditolak.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang uraian diatas maka saya akan mengambil makalah tentang tema “kedudukan dan fungsi bahasa”.



1.2  Rumusan Masalah

  1. Apa fungsi Bahasa?
  2. Bagaimana fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia?

1.3  Tujuan

  1. Mengetahui fungsi bahasa
  2. Mengetahui bagaimana fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia


1.4  Manfaat

  1. Mahasiswa dapat mengetahui fungsi bahasa
  2. Mahasiswa dapat mengetahui fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia













BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Fungsi Bahasa

Santoso, dkk (2004) berpendapat bahwa bahasa sebagai alat komunikasi memiliki fungsi sebagai berikut :
1.      Fungsi informasi, yaitu untuk menyampaikan informasi timbal balik antara anggota keluarga ataupun anggota-anggota masyarakat.
2.      Fungsi ekspresi diri, yaitu untuk menyalurkan perasaan, sikap, gagasan, emosi atau tekanan-tekanan perasaan pembaca. Bahasa sebagai alat mengekspresikan diri ini dapat menjadi media untuk menyatakan eksistensi (keberadaan) diri, membebaskan diri dari tekanan emosi dan untuk menarik perhatian orang.
3.      Fungsi adaptasi dan integrasi, yaitu untuk menyesuaikan dan membaurkan diri dengan anggota masyarakat, melalui bahasa seorang anggota masyarakatsedikit demi sedikit belajar adat istiadat, kebudayaan, pola hidup, perilaku, dan etika masyarakatnya. Mereka menyesuiakan diri dengan semua ketentuan yang berlaku dalam masyarakat melalui bahasa. Sebagaimana telah dikemukakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang pelu berintegrasi dengan manusia di sekelilingnya. Dalam berintegrasi tersebut, manusia memerlukan bahasa sebagai alat. Dengan bahasa, manusia dapat bertukar pengalaman dan menjadi bagian dari pengalaman tersebut. Mereka memanfaatkan pengalaman itu untuk kehidupannya. Dengan demikian, mereka merasa saling terkait dengan kelompok sosial yang dimasukinya.
4.      Fungsi kontrol sosial. Bahasa berfungsi untuk memengaruhi sikap dan pendapat orang lain. Bila fungsi ini belaku dengan baik, maka semua kegiatan sosial akan berlangsung dengan baik pula. Dengan bahasa seseorang dapat mengembangkan kepribadian dan nilai-nilai sosial kepada tinngkat yang lebih berkualitas.
Adapun fungsi bahasa tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Sebagai alat komunikasi
2.      Sebagai alat ekspresi diri
3.      Sebagai alat interaksi sosial
4.      Sebagai alat persuasi
5.      Sebagai alat eksplorasi (penjelas)
6.      Sebagai alat penyampai informasi
7.      Sebagai alat penghibur


2.2.Fungsi Dan Kedudukan Bahasa Indonesia

2.2.1.      Fungsi Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional mempunyai fungsi khusus yang sesuai dengan kepentingan bangsa Indonesia. Fungsi itu adalah sebagai :
1.      Bahasa resmi kenegaraan. Dalam kaitannya dengan fungsi ini bahasa Indonesia dipergunakan dalam adminstrasi kenegaraan, upacara atau peristiwa kenegaraan, komunikasi timbal-balik antara pemerintah dengan masyarakat.
2.      Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan. Sebagai bahasa pengantar, bahasa Indonesia dipergunakan di lembaga-lembaga pendidikan baik formal atau nonformal, dari tingkat taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi.
3.      Bahasa resmi untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional serta kepentingan pemerintah. Dalam hubungannya dengan fungsi ini, bahasa Indonesia tidak hanya dipakai sebagai alat komunikasi timbal-balik antara pemerintah dengan masyarakat luas atau antar suku, tetapi juga sebagai alat perhubungan di dalam masyarakat yang keadaan sosial budaya dan bahasanya sama.
4.      Alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam kaitan ini, bahasa Indonesia adalah satu-satunya alat yang memungkinkan kita membina serta mengembangkan kebudayaan nasional sedemikian rupa sehingga ia memiliki identitasnya sendiri, yang membedakannya dengan bahasa daerah.

2.2.2.      Kedudukan Bahasa Indonesia

2.2.2.1.Kedudukan Bahasa Indonesia di antara Bahasa –Bahasa Austronesia

Berdasarkan pengelompokan bahasa-bahasa dalam rumpun Austronesia, bahasa Indonesia termasuk kelompok Melayu Polinesia Barat. Dalam kelompok ini terdapat 175 bahasa (satu dia antaranya bahasa Indosnesia). Yang termasuk Melayu Polinesia ialah Melayu Polinesia Filipina dan Indonesia Barat, termasuk Chamorro dan Palauan Mikronesia Barat, bahasa-bahasa Chamic daratan Asia Tenggara dan Malagasi. Indonesia Barat itu termasuk Bali, Lombok, Sumbawa Bagian Barat, dan Sulawesi. Adapun yang termasuk Melayu Polinesia Tengah-Timur adalah bahsa-bahasa kelompok Melayu Polinesia Tengah dan Melayu Polinesia Timur, dan Melayu Polinesia Timur meliputi bahasa-bahasa di Halmahera Selatan, New Guinea, dan kelompok Oseanik.

2.2.2.2.Kedudukan Bahasa Indonesia

Sejak diikrarkan Sumpah Pemuda dalam Kongres Pemuda 28 Oktober 1928, bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dimungkinkan oleh kenyataan bahwa bahasa Melayu, yang mendasari bahasa Indonesia itu, telah dipakai sebagai lingua franca selama berabad-abad sebelumnya di seluruh kawasan Nusantara. Selain itu, dengan ditetapkannya sebagai bahasa negara, yang dituangkan di dalam Pasal 36 Undang-Undang Dasar 1945, bahasa Indonesia juga menjadi bahasa resmi negara Indonesia.



                                                                                                                                   



















BAB III
KESIMPULAN

Fungsi Bahasa :
1.      Sebagai alat komunikasi
2.      Sebagai alat ekspresi diri
3.      Sebagai alat interaksi sosial
4.      Sebagai alat persuasi
5.      Sebagai alat eksplorasi (penjelas)
6.      Sebagai alat penyampai informasi
7.      Sebagai alat penghibur

Fungsi bahasa Indonesia :
1.      Bahasa resmi kenegaraan
2.      Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
3.      Bahasa resmi untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional serta kepentingan pemerintah.
4.      Alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.


Kedudukan bahasa Indonesia :
1.      Bahasa nasional
2.      Bahasa negara



DAFTAR PUSTAKA


Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia Dengan Benar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Mulyoutomo, Isa. 2011. Rapet Bindo. Jakarta: Limas
Tim Kebahasaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2013. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang
http://laporannurainisolihat.blogspot.co.id/2004/08/makalah-bahasa-indonesia-fungsi-dan.html?m=1

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com